Pengalaman E-ktp Patah Atau Rusak Ini Solusinya

Pengalaman E-ktp patah atau rusak ini solusinya.


Ini merupakan pengalaman pribadi saya,mungkin sedikit lucu jika e-ktp rusak atau patah tapi ini bukan hal yang tidak mungkin beberapa kasus e-ktp rusak atau patah sudah banyak termasuk saya sendiri.


E-ktp patah ini tidak berlaku atau tidak di terima di bank,sedikit cerita ketika saya mau buka rekening baru di salah satu bank di Indonesia saya mengalami penolakan karana e-ktp rusak tersebut menurut custemer service bank tersebut mengatakan E-ktp patah tidak bisa di terima karna pada waktu penarikan atau mencairan uang dengan E-ktp patah tersebut maka tidak akan bisa ujar katanaya.

Mereka mensanrankan untuk menyambungkan e-ktp tersebut dengan perekat lem setelah di lem katanya lagi harus di laminating biar kuat,maka setelah itu anda bisa menambung atau buat ATM di bank tersebut.
Sebenarnya untuk menabung di bank jika tidak punya ktp bisa anda menggukan NPWP atau SIM anda dan jika anda menabung di bank yang bukan domisili anda bisa meminta surat keterangan domisili ke kantor kecamatan/Desa tersebut ataupun ke pak Rt tempat anda tinggal.
( jika anda menambung buat ATM di luar kota )

Lanjut ke personal E-ktp rusak atau patah
Jika anda punya pengalaman seperti saya ini sangat mudah jika e-ktp rusak atau patah anda cukup meminta di buatkan lagi yang baru lebih tepatnya di daur ulang dengan yang baru,dengan E-ktp baru ini juga masa berlaku menjadi seumur hidup,ya walaupun e-ktp terdahulu berlaku seumur hidup juga, dan bisa di gunakan selamanya tapi di tulisan e-ktp tersebut tertera masa berlaku karna E-ktp pertama yang di keluarkan pertama ini masih ada tulisan masa berlaku tapi tidak apa apa yang jelas e-ktp itu berlaku seumur hidup walaupun ada tanggal masa berlaku
Dengan membuat atau e-ktp baru sekarang tidak ada tanggal masa berlaku di ganti dengan masa berlaku seumur hidup .

Penyebab E-ktp rusak



Namanya juga barang bisa saja rusak jika kita tidak merawatnya dengan baik.
Sedikit saran dari saya berikut ini hal yang harus di hindari supaya E-ktp tidak mudah rusak


  • Jangan menggukan dompet yang ada resletingnya karna bisa berbenturan dengan E-ktp dan menyebabkan lapisan E-ktp atau hologram di belakang e-ktp lecet dan tidak bisa di baca/di scan komputer,bahkan dengan menggunakan dompet yang ada resletingnya bisa membuat E-ktp patah. 
  • Jangan di laminating,menutut informasi yang saya dapatkan E-ktp tidak boleh di laminating karna panas dari mesin laminating bisa menyebabkan element/hologram yang ada di E-ktp rusak 
  • Jangan terlalu sering di poto copy, sebenarnya E-ktp tidak perlu di poto copy karna untuk mengetahui identitas seserang bisa di liat dari no NIK dari E-ktp tersebut dan E-ktp bisa di cek melalui situs resmi pemerintahan. Terlalu sering di poto copy juga sama halnya ini bisa merusak lapisan elements/hologram E-ktp tersebut. 




Cara Membuat E-ktp Baru



Untuk membuat e-ktp baru atau lebih tepatnya di daur ulang dengan syarat e-ktp tersebut rusak atau patah,hilang,ataupun ingin mengganti photo anda misalnya di ktp anda tidak memakai hijab abda bisa menggantinya dengan photo berhijab untuk status juga bisa di ganti misanya dengan membawa surat keterangan ataupun jika hilang anda bisa membuat surat kehilangam pada kepolisian dan mengajukan permohonan e-ktp baru ke catatan sipil ( dukcapil ) terdekat. dan ini secara gratis.

Jadi intinya anda bisa buat yang baru lagi dengan mendatangi catatan sipil ( dukcapil ) terdekat.
Syarat harus di bawa


  • Ktp rusak sebagai bukti 
  • Surat kehilangam kepolisian ( jika e-ktp hilang )
  • Akte kelahiran 
  • Kartu keluarga 
  • Surat pengantar dari kelurahan/kecamatan
Proses membuat E-ktp baru ini tergantung biasanya 1-7 hari kalu daerahnya padat bisa memakan waktu 14 hari atau lebih. 

Nah berikut adalah pengalaman E-ktp saya rusak/patah

blog views
Reactions:
Donate via PayPal

You Might Also Like:

ADD A COMMENT WITH YOUR FACEBOOK PLEASE WAIT FOR FACEBOOK COMMENT WILL SOON OPEN

ADD A COMMENT WITH DISQUS HIDE COMMENT

Disqus Comments

ADD A COMMENT WITH GOOGLE PLUS HIDE COMMENT

google Comments

Hello, how may we help you? Just send us a message now to get assistance.

Facebook Messenger ×