Syarat Syarat Yang Harus Di Penuhi Untuk Membuat NPWP Pribadi


Syarat syarat yang harus di penuhi untuk membuat NPWP pribadi

Untuk membuat NPWP pribadi ini sangat lah mudah ini bisa dilakukan dengan datang langsung ke Kator Pelayanan Pajak ( KPP ) ataupun anda bisa melakukannya secara online atau melalui E-registation,Jadi dengan menggukan cara online juga anda tidak perlu datang ke kantor pajak cukup di rumah dengan menggukan smartphone saja juga bisa dan akan di kirimkan ke rumah anda lewat kantor pos.

Sedikit kekurangan membuat NPWP secara online ini cukup memakan waktu rata rata membutuhkan waktu sekitar 14 harian bahakan bisa lebih tergantung proses pengajuan kita di proses oleh pihak kantor layanan pajak tersebut. Dan ini tertunya ini sangat tidak cocok bagi anda yang membutuhkan NPWP untuk keperluan memdadak.

Adapun untuk membuat NPWP secara online di bagi menjadi tiga step yaitu diantaranya :


  1. Mendafar atau membuat akun NPWP online 
  2. Mengisi Formulir NPWP online
  3. Dan mengirimkan Formulir Yang sudah di isi via email 


Untuk memulai anda bisa akses langsung situs reminya di https://ereg.pajak.go.id/

Berbeda jika anda membuat NPWP dengan datang langsung ke kantor pelayanan pajak ini cuma membutuhkan waktu sehari saja,anda cukup mengantri dan mengisi formulir pendaftaran di kantor pajak,Bahkan saya cuma membutuhkan waktu satu jam saja karana di kator pajak tidak banyak yang mengantri hehe. Jadi proses pembuatan NPWP jadi lebih cepat.

Keuntungan Dan Kegunaan NPWP



Mengkin anda bertanya apa keuntungan dan Kegunaan NPWP ?
Nomor pokok wajib pajak ini sangat penting bagi anda untuk mengurus masalah perbankan seperti membuat rekening bank ( jika anda tidak punya KTP )
Membuat kartu kredit,karna syarat untuk membuat kartu kredit di haruskan mempunyai NPWP, mencetak rekening koran,melamar pekerjaan karna beberapa perusahaan mengharuskan mempunyai NPWP sebagai syarat untuk melamar, NPWP juga berguna untuk mengisi formulir data pembayaran di facebook audient network,tanpa adanya NPWP iklan anda di instant article tidak akan muncul.
NPWP juga sangat mempermudah untuk urusan perpajakanmu.dengan kartu ini kamu bisa nengecek jumlah pajak yang kamu bayarkan. Jika ada kelebihan pajak kamu bisa mengajukan restutusi pajak dengan menyertakan nomer pokok pajakmu.

Kelebihan nya juga dengan mempunyai nomor pokok wajib pajak jumlah pajak yang kamu bayarkan dengan menggukan NPWP akan menjadi lebih rendah dibandingkan dengan tidak mempunyai NPWP.

Apakah Harus Mempunyai NPWP



sebagai warga Indonesia yang baik kita harus mempunyai NPWP, dalam hal ini sebenarnya tidak semua orang di haruskan mempunyai NPWP, menurut direktur jendral pajak ( dirjen ) menyatakan bahwa orang yang memiliki penghasilan di bawah 4.5 juta perbulan tidak di wajibkan mempunyai nomor pokok wajib pajak ( NPWP )
Nah bagaimana jika kita ingin membuat NPWP untuk melamar kerja sementara gaji di perusahaan tersebut di bawah 4,5 juta ataupun waktu melamar kerja tidak di terima hehe.
Sebenarnya setiap perusahaan mengeluarkan pajak kepada negara dan dari hasil tersebut yaitu dipotong dari upah gaji karyawan tersebut, jadi intinya jika anda mempunyai NPWP pendafatan dari gaji tidak akan di potong oleh perusahaan dan sementara anda juga tidak perlu membayarkan pajak karna yang wajib membayar pajak harus memenuhi salah satu syarat yaitu mempunyai penghasilan di atas 4,5 juta perbulan tadi. Jadi anda tidak akan kena pajak atau Penghasilan Tidak Kena Pajak ( PTKP ) tidak di potong pph.
Tapi anda harus tetap melaporkan atau datang langsung ke kantor pajak tahun berikunya setelah anda membuat NPWP jika tidak melapor anda akan di kenakan sangsi sebesar 100 ribu.  Tapi tenang saja yang perlu anda lakukan hanya melapor saja bukan untuk membayar pajak hehe

Syarat Syarat Yang Harus Di Bawa Ke Kantor Pajak



Untuk membuat NPWP di bagi menjadi beberapa kategori yaitu :

  • NPWP untuk karyawan dan PNS
  • NPWP untuk wiraswasta
  • NPWP untuk untuk pekerjaan bebas ( selain wiraswasta )
  • NPWP untuk wanita yang sudah menikah

Di sini saya akan jelaskan membuat NPWP pribadi untuk karyawan dan PNS atau untuk melamar kerja. Menurut pengalaman saya




Adapun beberapa syarat atau dokumen yang harus di persiapkan untuk membuat NPWP pribadi untuk keperluan melamar kerja diantara :

  • Potokopi kartu idetitas ( KTP ) 
  • Surat keterangan kepolisian dan SKCK ( ini boleh salah satu saja )
  • Formulir pendaftaran yang sudah diisi lengkap sesuai dengan data diri

Adakah Biaya Yang Harus Di Keluarkan 


Untuk membuat NPWP pribadi ataupun NPWP untuk perusahaan ini bener bener gratis tidak dipungut biaya, anda cukup memenuhi syarat syarat nya saja untuk mengajukan nembuatan NPWP. Jika ada orang atau oknum yang meminta biaya pembuatan NPWP,hal ini bukan permintaan resmi dari kantor pajak maka dari itu anda bisa melaporkan pemungutan biaya tidak resmi itu ke KPP tau juga bisa melaporkannya langsung ke situs resmi www.pajak.go.id agar keluhanmu di proses oleh pemerintahan.

Nah berikut adalah cara dan syarat syarat membuat NPWP pribadi untuk keperluan melamar kerja.. 

blog views
Reactions:
Donate via PayPal

You Might Also Like:

ADD A COMMENT WITH YOUR FACEBOOK PLEASE WAIT FOR FACEBOOK COMMENT WILL SOON OPEN

ADD A COMMENT WITH DISQUS HIDE COMMENT

Disqus Comments

ADD A COMMENT WITH GOOGLE PLUS HIDE COMMENT

google Comments

Hello, how may we help you? Just send us a message now to get assistance.

Facebook Messenger ×