Skip to main content

Cara Membuat Katalog Produk Di Whatsapp Dan Cara Membagikannya



Whatsapp adalah aplikasi perpesanan yang paling poluler saat ini hampir setiap orang punya akun whatsapp bahkan bisa di bilang wajib setiap pengguna smartphone baik itu android ataupun ios menginstall aplilasi ini untuk berkomunikasi.

Dan gitu pula whatsapp sendiri selalu memberikan fitur fitur terbarunya pada beberapa tahun lalu whatsapp merilis aplikasi Whatsapp business ,
Aplikasi whatsapp business ini sangat cocok bagi pengguna whatsapp yang melakukan bisnis atau pelaku UKM.
Selain kompetible untuk bisnis whatsapp ini juga menyediakan fitur verifikasi atau terknfirmasi untuk pengguna whatsapp resmi atau otentik.

Silahkan baca cara verifikasi whatsapp business di link bawah ini.
Cara mendafatkan lencana terkonfirmasi whatsapp

Dan pada bulan oktober 2019 lalu fitur whatsapp terbaru mempunyai akses untuk kita membuat sebuah kalalog produk layaknya toko online propesioal, ya lebih mirip seperti katalog produk di facebook.

Dengan kalatog ini kita bisa lebih mudah membagikan katalog kita ke pengguna whatsapp lain dan jiga lebih efisien untuk berinteraksi dengan pelanggan kita.

Untuk fitur ini hanya tersedia di aplikasi whatsapp business yah, jadi silahkan anda download dulu jika katalog produk tidak muncul silahkan anda perbarui dulu aplikasinya

  Google Play


Sebelumnya ada beberapa Perayaratan Kebijikan yang di berikan whatsapp bisnis untuk membuat katalog produk

Kebijakan Perdagangan Whatsapp bisnis




Perlu kita ketahui sebelum membuat katalog produk di whatsapp memperlukan proses peninjauan sebelum benar benar di terbitkan.Hal itu dilakukan guna untuk memastikan produk atau jasa yang kita tampilkan tidak melanggar kebijakan whatsapp.

Taukah ada ada beberapa kebijakan perdagangan atau jasa apa yang boleh dijual atau tidak boleh di jual di whatsapp menurut situs resmi whatsapp.
Berikut ini saya kutip dari situs resmi whatsapp beberapa produk atau jasa yang tidak boleh di jual diantaranya sebagai berikut :

  • Obat-obatan terlarang
  • Barang atau tembakau seperti rokok dan sejenisnya
  • Alkohol atau minuman keras
  • Senjata api amunisi dan bahan peledak
  • Hewan di lindungi
  • Produk atau jasa orang dewasa seperti judi online
  • Dan lain sebagainya untuk lebih jelasnya silahkan baca sendiri di situs resminya berikut ini https://www.whatsapp.com/legal/commerce-policy/?lang=id

Jadi pastikan terlebih dahul yah produk atau jasa yang kamu tawarkan tidak melanggar kebijakan tersebut, Biar produk yang anda tawarkan bisa di publish dan membagikannya ke pelanggan anda.

Langkah Langkah Membuat Katalog Produk




1.

Setelah anda menginstall atau memperbaruhi aplikasi whatsapp bisinis pilih menu Titik Tiga di kanan atas whatsapp lalu Pilih Setelan


2.

Berikutnya klik Setelan Bisnis seperti gambar di bawah ini


3.

Nah pada bagian ini ada menu baru katalog, klik  menu Katalog


4.

Tahap selanjutnya klik Buat Katalog


5.

Sekarang kita buat kalalog pertama kamu
Pertama kamu upload produk jasa yang akan kamu buat, ini disini kamu bisa mengambilnya dari galeri photo ataupun secara langsung kamu bisa mempotretnya langsung dari kamera Hp kamu
Isikan juga nama produk,harga opsional,Deakripsi,link tautan,dan kalo perlu anda bisa isi juga kode produk atau layanan  anda ( opisi ini boleh di isi atau tidak )
Terakhir lalu simpan


Setalah kamu buat dan simpan produk/jasa proses ini membutuhkan waktu untuk di tinjau sebelum publish , ini bisa makan waktu bebrapa jam menurut pengalaman saya cuma 5 menit juga langsung publish tapi tergantung apa yang kita buat tidak melanggar kebijakan mungkin bisa memakan waktu samapai 24 jam.

Membagikan Produk Atau Jasa Ke Pelanggan Anda



Setelah publish anda bisa langsung membagikan produk  ke pelanggan anda pilih opsi bagikan di pojok kanan atas dan pilih orang yang akan kamu bagikan.


Layaknya seperti mengirim lampiran kamu juga bisa membagikannya dengan opsi menu di bagian teks pesan
Pilih icon tautan dan selanjutnya pilih Katalog
Seperti gambar di bawah ini


Gimana mudah bukan untuk lebih jelasnya anda juga bisa liat video recorder berikut ini


Demikian informasi receh yang saya berikan hehe semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar