Skip to main content

Pengalaman Test Psikotes Dan Interview HR Di Mayora Cianjur



Assalamualaikum, pada artikel kali ini saya akan share pengalaman saya test dan interview HR di mayora Cianjur atau lebih tepatnya di PT TIRTA FRESINDO JAYA ( Mayora group ).

Setelah saya mengikuti Job Fair yang di adakan di taman Prawatasi Joglo Cianjur Selasa 10/12/3019 kemarin, Dan alhamdulillah seminggu kemudian ada panggilan untuk test psikotes di PT TIRTA FRESINDO JAYA tersebut.
Mayora group di cianjur ini merupakan divisi yang memproduksi produk minuman yaitu Le minerale
Test di lakukan di ruang aula di PT FRESINDO JAYA yang beralamat di Jl. Baru Jonggol KM 17 Kp. Pasircangkudu Des. Sindangraja Kec. Sukaluyu Cianjur ,seperti test psikotes pada umumnya test psikotes di mayora group hampir sama kok.

Sesampainya di lokasi mayora oleh satpam saya di beri tugas harus memposting produk dari mayora dan membagikannya disertai hastag di sosial media saya, bisa facebook atau instagram, entah apa tujuannya sampai harus posting segala bahakan ada teman saya yang tidak punya paket data harus nebeng dulu hospot dari saya untuk memposting produk mayora tersebut setelah memposting dan membagikan produk dan menujukan ke satpam itu kemudia hp saya juga di sita katanya untuk masuk ke aula mayora di larang membawa hp.
Dan kemudian saya di beri selembara kertas Daftar Tamu ( visitor' sheet ) dan kartu nomor visitor. Di lembaran visitor's sheet itu saya harus mengisi formulir data kita dengan lengkap.



Oh iya test psikotes ini juga di ikuti oleh banyak orang waktu itu kira kira ada lah hampir seratus orangan, Sebelumnya juga katanya sebulan lalu ada test psikotes di PT Mayora tersebut.

Test psikotes di mayora memiliki beberapa tahap dan mungkin tahapan itu di terapkan di hampir semua pt mayora group
Sebelum memulai test psikotes para HR menerangkan aturan dan tahap tahap proses seleksi di PT mayora group dan mereka nenerapkan sistem gugur jadi mereka mencari kandidat yang terbaik, tahap tahap itu di bagi menjadi beberpa tahapan, diantaranya :


  • Test Psikotes
  • Interview HR 
  • Interview User
  • Test Fisik ( ini berlaku untuk kandidat yang telah di tentukan oleh HR untuk penempatan gudang )
  • Test MCU 
  • Test Midas
  • Tranining
  • Pendatangan kontak


Test Psikotes



Saya lupa urutan testnya tapi yang pasti testnya di bagi beberpa tahap juga yaitu :


  • Test Deret Aritmatika, ±15 menit
  • Test Balok , ±15 menit
  • Test Logika Angka , ±15 menit
  • Test Soal Cerita , ±15 menit
  • Test Gambar ( warteg ,menggambar pohon, dan menggambar orang ) , ± 30 menit


Proses test berlangsung cukup lama sekitar jam 11.00 test selesai,setelah itu HRD nya bilang kalau pengumuman test yang lolos dan yang tidak lolos di umumkan jam 13.00, katanya juga peserta bisa menunggu pengumumannya atau bisa juga langsung pulang dan akan di beritahu hasilnya lewat sms/wa.
Maka dari itu setelah proses test selesai saya langsung pulang kerumah dan menunggu hasilnya di umumkan lewat sms/wa.

Sesampainya di rumah ,saya pasrah saja apapun hasilnya yang penting saya sudah berusaha lagian pas test psikotes saya menjawab soal agak sedikit ragu ragu di tambah lagi di test menggambar saya tidak selesai semunya.
Pada jam 15.16 wib saya mendapat pesan whtasapp dari HR untuk lanjut ke proses selanjutnya yaitu interview HR, saya di minta untuk konfirmasi hadir, maka dari itu saya langsung konfirmasi kehadiran saya untuk datang dan lanjut di proses interview HR.

Interview HR



Interview HR di mulai jam sekitar 09.00 wib padahal katanya di mulai jam 08.00, waktu itu saya datang lebih awal sekitar jam 06.30 karna rumah saya cukup jauh jadi saya berinisiatif datang lebih pagi karna takut kejebak
macet juga.

Sesampainya di pt mayora ternyata perserta yang lolos cukup sedikit dari peserta yang ikut test psikotes yang hampir setarus orang ternyata cuma menyisakan 19 perseta yang ikut tahap interview HR
Proses interview HR di bagi menjadi dua kelompok karna waktu itu yang mengetes interview ada dua HRD jadi sekali masuk ruangan dua orang perserta.
Proses interview cukup lama juga sekitar 20-25 menitan setiap persertanya. Seperti proses interview biasa, Saat interview sih pertanyaannya kurang lebih tentang perkenalan diri, kelebihan dan kekurangan, pengalaman berkerja,motivasi berkerja, mau kerja shift atau enggak dan anak keberapa.Pada akhir interview HRD nya bilang tunggu kabar dari kami selanjutnya nanti di kabari lagi katanya dan saya bisa pulang dulu, sebenernya saya tau itu mungkin penolakan secara halus ya karna banyak perusahan swasta yang bikin alesan kaya gitu yang harus menunggu yang tak pasti dan yang jelas pasti saya di tolak mungkin karana gak termasuk kriteria yang di mau sama HR.

Dan beberapa juga para serta yang setelah proses interview selesai ada yang di suruh pulang dulu dan ada juga yang di suruh menunggu, jadi dengan begitu menurut saya perseta yang lolos harus menggu dan melaksanakan proses selanjutnya sementara perserta yang di suruh pulang dulu itu jelas perserta yang tidak lolos dan untuk alesan menunggu kabar selanjutnya dari pihak HRD itu adalah penolakan secara halus ya karna itu sudah biasa hal itu di ucapkan oleh para HRD

Nah tadi itu pengalaman saya Test Psikotes dan Interview di PT TIRTA FRESINDO JAYA ( MAYORA GROUP ) dan saya gagal tahap di proses selanjutnya , tapi tidak apalah mungkin belum takdir saya untuk kerja di sana.

Jadi buat teman teman kalau ada yang test dan interview HR di mayora semoga sukses dan lancar yah dan tetap semangat semoga tulisan saya bisa bermanfaat dan membantu kalian yang akan mengikuti proses rekrutmen di sana .

Semoga sukses dan jangan lupa di share.
Reaksi:

Berbagi Itu Peduli :

Comment Policy: Gunakanlah kontak komentar ini dengan bijak jangan buat link atau spam, Jika berkenan silahkan terlebih dahulu, Follow this blog

Selanjutnya tuliskan komentar anda sesuai dengan topik postingan ini.

Centang kotak Beritahu saya untuk mendapatkan notifikasi balasan via email.

Untuk komentar secara Private silahkan masuk ke Messaging Google