Skip to main content

Cara Posting Produk Di Google Bisnisku

Post google bisnisku ( Google My Business ) adalah satu satu fitur yang bisa kita manfaatkan untuk menampilkan hasil yang relavan terkait bisnis yang sedang anda tekuni, misalnya jika anda mempunyai bisnis lokal seperti toko , cafe , restoran dan sebagainya anda bisa memberikan infomasi terkini, menambahkan acara , menambahkan penawaran , menambahkan poto/video bahakan anda bisa meposting sebuah produk yang bisa anda bagikan kepada konsumen tentang produk yang sedang anda jual tertentunya.

Dengan menambahkan ajakan bertindak yang berkualitas dan unik akan menarik pelanggan potensial untuk mencoba produk atau layanan yang sedang ada tawarkan di google penelusuran dan juga google maps.
Untuk menarik pelanggan potensial dari google bisnisku banyak sekali cara yang bisa anda lakukan yaitu salah satunya dengan memanfaatkan fitur post google bisnisku.

Salah satu fitur post dari google bisnisku yang cukup menarik yaitu post Produk Google Bisnisku ( kolekai produk )
Walupun fitur produk ini bisa di bilang masih versi beta. Namun fitur ini perlahan di luncurkan ke pada pemilik bisnis lokal

Nah mungkin anda bertanya , apa sih itu fitur post produk google, Seperti apa produk GMB dan bagaimana cara kerjanya ?

Apa Itu Fitur Post Produk GMB



Seperti yang sudah saya bahas di atas dengan adanya fitur post produk GMB, para bisnis lokal bisa menaplikan detail produk
Di listening bisnisnya di perangkat ponsel maupun komputer.
Pemilik bisnis lokal bisa dengan mudah memanerkan produk mereka dan mendorong interaksi konsumen.
Konsumen akan melihat etalase produk yang lebih dikuratori dari produk toko pada tab Produk Profil Bisnis di ponsel, atau modul Tinjauan Produk di komputer.
Produk yang telah di tambahkan ini nantinya akan muncul di profil bisnis di google penelusuran dan juga google maps baik itu di ponsel dan juga komputer
Fitur produk dari google bisnisku ini menurut saya seperti halnya market place yang di miliki facebook , kita bisa memajang jualan kita dan membuat etalase serta mengelompokannya berdasarkan kategori dan jenis.
Fitur produk ini menurut saya lebih powerful karna kita tau algoritma google maps ini cenderung merekomendasikan lokasi di sekitar pasaran. Jadi lebih tertarget untuk jangkauan yang kita tuju.
Selain itu tidak semua bisa mendapatkan google bisnisku, ya karna hanya bisa di miliki oleh bisnis lokal yang autentik dan tentunya membutuhkan proses verifikasi

Cara Menambahkan Produk GMB Di listening Profil Bisnis



Pertama silahkan anda login ke google bisnisku yang anda kelola.
Di dashboar di bagian menu sebelah kiri anda akan melihat opsi Produk

Selanjutnya isikan form yang telah di sediakan



Keterangan :


  • Tambahkan Produk
  • Isikan jenis produk contoh " website "
  • Uplad gambar produk
  • Isikan Nama Produk
  • Buatlah kategori
  • Masukan harga , anda juga bisa menentukan rentang harga
  • Deskripsi , isikan keterangan/deskripsi produk yang anda tawarkan
  • Tambahkan tombol, ada beberpa opsional yang bisa di lakukan diantaranya Reservasi, Pesan Online , Beli ,Selengkapnya , Dan Dafta
  • Selalanjutnya tambahkan link situs tautannya , kemana anda mau mengarahkan konsumen
  • Terakhir Publikasikan, anda juga bisa menijaunya terlebih dahulu sebelum mempublikasikannya


Setelah anda mempublikasikan produk anda juga bisa langsung melihatnya di Sheet Tampilan Google

Setiap produk harus milik koleksi. Google merekomendasikan menambahkan setidaknya 3 produk per koleksi, tetapi untuk beberapa bisnis lokal yang mungkin tidak berlaku. Dari pengujian Produk GMB ini memberikan hal yang sama untuk koleksi dengan 1 produk atau 30 produk.

Pada akhirnya, Koleksi Produk menyajikan dalam format sederhana untuk meninjau dan memperbarui. Untuk melakukan perubahan, cukup klik pada tiga titik vertikal dan detail produk terbuka. Seperti seluruh proses, UI untuk pengeditan tetap sangat sederhana dan mudah ini bisa dilakukan baik itu lewat web ataupun aplikasi Google Bisnisku

Tampilan Produk Di Penelusuran Google




Produk yang telah anda Publikasikan bisa anda langsung tinjau di Sheet tampilan google, Namun untuk tampil di Google penelusuran dan Google maps ini tentunya membutuhkan waktu pengindekan.
Berikut ini tampilan produk di Google penelusuran



Tampilan detail produk di penelusuran google




Tampilan Produk Di Peta ( Google Maps )



Produk yang tampilan di Google penelusuran ini juga akan tampil di peta atau di Google Maps
Etalase produk akan muncul di bawah detail bisnis di maps yang telah anda kelompokan tentunya berdasarkan kategori dan jenis,seperti yang di jelaskan anda bisa melihat produk terkait berdasarkan kategori yang tampil di Google Maps
Berikut ini tampilan di Google Maps



Sama pada postingan di Google Bisnisku postingan produk juga akan tampil dalam jangka waktu tertentu , ini hanya bertahan selama 7 hari ,Akan tetapi postingan produk dan postingan lainnya juga akan tetap tampil di menu produk di profil bisnis di Google penelusuran dan Google Maps


Kesimpulan



Dikombinasikan dengan pembaruan Produk dan Layanan yang disebutkan di atas, Post Produk GMB benar-benar bisa berubah menjadi jendela toko online untuk bisnis Anda.
Kita juga tau Google Shopping sudah hadir di indonesia tahun 2018 lalu,Saya berharap untuk melihat crossover dengan Google Shopping segera.
Di kutip dari pusat bantuan Google ADS Google Shopping bisa di kombinasikan dengan Google Bisnisku ini akan tetapi hanya kategori bisnis tertentu yang bisa.

Baca juga

Follow us on Instagram
@encepnurdin.id

More from Instagram...

Follow us on Facebook
@encepnurdin.id

Find us on Google Maps
@encepnurdin

Reaksi:

Berbagi Itu Peduli :

Aplikasi: Tambahkan aplikasi encepnurdin. id di smartphone tanpa install, buka encepnurdin. id dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi encepnurdin. id dari layar utama smartphone Anda.