Skip to main content

Tips Dan Cara Membuat Sitelink Blogger

Bagi seoarang internet marketing atau pun seoarang blogger setidaknya harus mengerti dasar-dasar opstimasi SEO atau yang kita kenal search engine optimization. faktor seo pun sebenarnya sesuatu hal tidak pasti karna sebenarnya itu semua balik lagi sama search engine itu sendiri. Walupun begitu anda tidak bisa hanya berdiam diri, ya karena pada dasarnya seo juga di pengengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu bagamaimana anda mengoptimalkan situs anda di mesin pencari.

Banyak cara untuk meningkatkan seo situs anda di mesin pencari tentunya selain membuat konten/artikel yang unik dan berkualitas, misalnya mengoptimalkan produk yang di berikan secara gratis oleh google guna untuk meningkatkan kualitas seo situs anda khususnya di mesin pencari google. salah satu produk yang harus anda gunakan untuk meningkatkan/mengukur seo situs anda di google adalah dengan menggunakan google webmaster tool, google analytics dan lain sebagainya selain itu juga anda bisa menggunakan pengkodean di situs anda misalnya dengan menggunakan schema.org, susunan template yang responsive , past loading dan amp html. merunurut pakar seo situs dengan teknologi amp bisa meningkatkan serp di pencarian google.

Untuk meninggatkan pengunjung organik yang tertarget di mesin pencari setidaknya juga membutuhkan proses yang panjang dan tentunya tidak semudah membalikan tepak tangan , bahakan ada yang membutuhkan waktu yang cukup lama hingga berbulan-bulan, bahkan hingga bertahun tahun-tahun.

Selain mendapatkan peringat pertama di mesin pencari anda juga harus mempertimbangkan keyword yang banyak di cari oleh user sehingga nantinya akan meningkatkan rasio klik situs di pencarian.

Untuk meningkatkan rasio klik organik adalah dengan menggunakan Sitelink situs pencarian google

Apakah anda tau apa itu sitelink ? Bagaimana Sitelink dari google bisa meningkatkan seo suatu situs ? Dan yang paling terpenting bagaimana caranya membuat Sitelink Google di pencarian ?

Nah pada pembahasan kali ini saya memberikan cara dan tips bagaimana mendapatkan sitelink di pencarian google.

Apa Itu Sitelink

Ketika mencari brand baik itu nama atau nama domain di pencarian, Anda mungkin pernah menemukan hasil pencarian yang berbeda dengan hasil pencarian lainnya, sebagai contoh berikut ini

Nah dari contoh gambar di atas itu yang di namakan sitelink, di sana terlihat point-point penting terkait situs tersebut di hasil pencarian dan banyak sekali manfaatnya sitelink ini bagi seo website, selain itu juga sitelink ini seperti yang saya singgung di atas bisa membuat brand anda lebih menonjol jika di bandingkan dengan pencarian lainnya.

Jenis Sitelink Di Pencarian

Sitelink ini bisa di bilang adalah sub-pages yang di bawah website ketika pengunjung/user mengetikan nama brand atau nama domain di pencarian , selain sub-pages sitelink juga muncul di sebuah website baik itu link label atau sub-domain website itu sendiri.

Jadi sitelink ini menunjukan hasil yang relavan terkait website tersebut atau halaman-halaman penting di suatu website. sehingga pengunjung akan lebih mudah untuk bernavigasi di situs tersebut.

Jumlah sitelink juga di setiap situs itu berbeda-beda, ada yang dua, tiga, empat bahkan ada yang sepuluh, nah jumlah tersebut itu di tentukan oleh google sendiri.Untuk jenis Sitelink juga yang berbeda-beda yang di tampilkan seperti halaman statis website,halaman artikel website, Link label , bahkan Sub-domain website itu sendiri.Jadi intinya sitelink ini menunjukan halaman populer suatu website dan berfungsi untuk mempermudah pengunjung untuk bernavigasi.

Contoh Sitelink Di Penelusuran Dengan Smartphone

Selain menampilkan link-link populer ada juga jenis sitelink di pencarian namanya kotak Penelusuran Sitelink, Kotak penelusuran sitelink adalah cara cepat bagi orang-orang untuk menelusuri website di halaman hasil penelusuran, kurang lebih seperti kotak penelusuran di sebuah website cuma bedanya kotak penelusuran sitelink ini muncul di pencarian.

Manfaat Sitelink

Kalau untuk sitelink mungkin sudah jelas yah, selain menampilkan hasil yang relevan sebuah situs di pencarian berikut ini manfaatnya sitelink buat situs anda :

  • Meningkatkan rasio klik
  • Meningkatkan kredibilitas situs
  • Meningkatkan nama brand
  • Pengunjung bisa tau halaman penting atau halaman populer situs
  • Mempermudah pengunjung bernavigasi

Tips Dan Bagaimana Mendapatkan Sitelink Dari Google

Sebenarnya untuk mendapatkan sitelink dari google tidak bisa di prediksi seperti yang saya singgung di atas cara terbaik mendapatkan sitelink dari google yaitu setidaknya harus meningkatkan seo situs dan tentunya juga ini membutuhkan waktu yang tidak instan. Namun ada beberpa cara dan tips agar situs anda mendapatkan sitelink dari google diantaranya

1. Buat Nama Situs Yang Unik

Taukah anda sitelink ini di tampilkan di penelusuran google yang dimana user mencari kata kunci atau nama brand tertentu. Dan tidak semua brand di pencarian menampilkan sitelink hanya nama brand atau keyword dengan nama unik yang berada di ranking teratas saja loh. Itu artinya nama brand yang unik atau nama situs yang unik ini memiliki peluang lebih cepat mendapatkan sitelink dari google . akan tetapi balik lagi juga untuk membangun brand awareness atau personal branding membutuhkan proses juga

2. Dapatkan Ranking Pertama Untuk Nama Brand

Untuk mendapatkan sitelink dari google ini seperti yang sudah saya singgung di atas, Sitelink ini hanya di berikan kepada nama brand yang unik dan memiliki brand awareness yang kuat atau nama brand yang berada di ranking teratas.

Jadi intinya maksimalkan lah nama situs anda dengan cara meningkatkan seo situs semaksimal mungkin.

3. Gunakan Stuktur Dan Navigasi Yang Jelas

Fungsi navigasi di sebuah situs atau website adalah untuk mempermudah pengunjung mengunjungi halaman-halaman penting di sebuah situs misalnya halaman kontak , halaman sitemap dan lainnya, navigasi di situs juga ini akan mempermudah google melakukan crawling dan indexing sehingga mempermudah pengguna mencari apa yang mereka cari. Struktur data yang yang jelas juga di tampilkan di hasil pencarian seperti breadcrumb dan label, jadi anda bisa merapikan menu navigasi dan breadcrumb dengan baik di situs anda.

Pastikan juga anda membuat halaman statis yang penting terkait situs anda selanjutnya tampilkankah link halaman statis di menu navigasi di situs anda.

4. Masukan XML Sitemap Di Google Search Console

Untuk meningkatkan seo situs salah satu langkah penting yang harus di lakukan medaftarkan situs tersebut di google webmaster atau google search console , dengan mendaftarkan ke google webmaster berfungsi artikel anda cepat terindex oleh mesin pencari selain itu dalam google webmaster anda perlu nenambahkan XML peta situs anda.

Fungsi peta situs XML ini mempermudah google menganalisis semua halaman di situs anda termasuk indexing halaman statis. Jadi dengan menambahkan XML peta situs di google webmaster maka google akan semakin tahu mana saja halaman penting dan berguna untuk di tampilkan sebagai sitelink di hasil pencarian.

5. Memasang Link Internal

Internal link adalah link yang mengarah ke link halaman lainnya akan tetapi masih dalam berada situs yang sama. Misalnya membuat link terkait atau link baca juga di tengah artikel. Semakin banyak link internal maka secara tidak langsung ini juga memberitahukan google halaman mana yang menjadi kandidat untuk di jadikan sitelink oleh google di pencarian

Contoh link internal di bawah ini

Baca juga Cara Membuat Baca Juga Artikel Terkait Di Blog Amp

6. Gunakan Data Seo Yang Terstruktur Atau Gunakan Schema org

Yang terkahir untuk mendapatkan sitelink dari google pastikan anda menerapkan schema di template anda misalnya menambahkan JSON-LD atau schema kotak penelusuran sitelink. Google akan melakukan crawling dan indexing di situs anda yang di mana bertujuan untuk mencari data yang tersetruktur agar bisa lebih memahami google secara keseluruhan.

Contoh JSON-LD kotak penelusuran Sitelink

<script type="application/ld+json">
    {
      "@context": "https://schema.org",
      "@type": "WebSite",
      "url": "https://www.example.com/",
      "potentialAction": {
        "@type": "SearchAction",
        "target": "https://query.example.com/search?q={search_term_string}",
        "query-input": "required name=search_term_string"
      }
    }
    </script>

Catatan

Walaupun anda telah menambahkan JSON-LD atau schema di situs anda kemunculan sitelink situs anda di hasil pencarian ini mutlak di tentukan oleh google itu sendiri. Jadi pastikan meningkatkan kualiats seo anda dan tingkatkan juga brand awareness.

Kesimpulan

Tidak banyak yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan sitelink dari google di hasil pencarian keputusan terbesarnya di tentukan oleh google, akan tetapi banyak cara untuk mendapatkan sitelink dari google seperti yang telah saya paparkan tadi di atas.

Semoga tips dan cara mendapatkan sitelink dari google di hasil pencarian bisa bermanfaat dan selamat mencoba.

Reaksi:

Berbagi Itu Peduli :

  • Mangs Abdul - Reader 7/15/2020 3:49 PM

    Kalo saya jika aktif nulis muncul sendiri mas. pas udah agak jarang hilang sendiri

  • Encep Nurdin ID - Admin 7/15/2020 5:07 PM

    Emang gitu sih mas , mungkin karna algoritma google berubah atau site link juga berpengaruh terhadap seo situs , jadi kalau jarang nulis otomatis peringkat situs juga menurut. Sitelink juga di pengaruhi oleh pencarain tertentu misalnya kita menggunakan google.com atau google.co.id . hasilnya juga berbeda jika di akses pada lokasi atau server berbeda . paktor bahasa penelusuran juga perpengaruh mas , misalnya pakai bahasa inggris

Comment Policy: Gunakanlah kontak komentar ini dengan bijak jangan buat link atau spam, Jika berkenan silahkan terlebih dahulu, Follow this blog

Selanjutnya tuliskan komentar anda sesuai dengan topik postingan ini.

Centang kotak Beritahu saya untuk mendapatkan notifikasi balasan via email.

Untuk komentar secara Private silahkan masuk ke Messaging Google