Skip to main content

Kenali 16 Ciri Dan Jenis Burung Nuri Yang Mudah Di Kenali Dan Bisa Berbicara

Di Indonesia Burung nuri termasuk kedalam jenis burung yang dikenal karna keunikannya, warnanya yang cantik dan suaranya yang merdu, burung nuri juga sering disebut dengan burung bayan. Itulah mengapa burung nuri menjadi salah satu burung yang banyak peminatnya.

Burung nuri di indonesia yang paling banyak ditemui yaitu di Nusa Tenggara Barat, Papua, Pulau Sulawesi dan Maluku. Burung nuri juga bisa ditemukan di perkebunan kelapa yang ada di daerah Kepulauan Solomon, Irian, Maluku dan bisa juga di daerah daratan yakni hutan bakau.

Namun ada beberapa burung nuri yang juga mulai punah

Jenis-jenis dari burung nuri yang bagus diantaranya burung nuri kepala hitam, burung nuri pelangi, burung hitam, burung nuri merah, dan burung nuri kate.

Dan supaya anda lebih mengetahui apa saja ciri-ciri dari burung tersebut dibawah ini telah kami kutip dari sukaburung.com dan juga penjelaskannya

Ciri-Ciri Burung Nuri

1. Nuri Aru

Burung ini hanya mempunyai tubuh yang berukuran 32cm, warna dari tubuhnya yaitu hijau, pada bagian bawah dan kepalanya berwarna hijau kekuningan ia juga mempunyai mahkota yang warnanya hijau gelap dan merah seperti jarum.

Nuri aru berasal dari kepulauan aru Papua Nugini dan Papua Selatan yang diberi nama latin ‘Chalcopsitta Scintillata’.

2. Nuri Hitam

Burung nuri hitam hampir semua warna bulunya hitam ,Dibagian ekornya berwarna merah,sayap bawah warnanya merah dan kuning.

Burung ini hidup di pesisir pantai dan hutan secara berkelompok-kelompok dengan nama ilmiah ‘Chalcopsitta Atra’.

3. Nuri Sayap Hitam

Nama ilmiah dari nuri sayap hitam adalah ‘Eos Cyanogenia’,

keseluruhan tubuhnya berwarna merah cerah, disekitar mata berwarna biru tua serta sayap berwarna hitam ujungnya sedikit warna merah dan burung ini mempunyai panjang tubuh kira-kira 30cm.

4. Nuri Dusky atau Nuri Kelam

Burung nuri dusky mempunyai corak bulu warna hitam campur merah, bagian dada bawah sampai perut warna jingga dan mempunyai corak seperti pita yang mengelilingi sayap bawah dan tunggir.

Biasanya ada corak warna orange di kepalanya

5. Nuri Kabare

Burung nuri kabare mempunyai nama ilmiah ‘Psittrichas Fulgidus’ ini mempunyai berat kira-kira 800 gram, panjang tubuh 46cm.

ia pun berwarna hitam dan merah, burung ini biasa ditemukan di Pulau Pua Nugini

6. Nuri Telinga Biru

Panjang tubuh yang mempunyai nama ilmiah ‘Eos Semilarvata’ ini adalah 24cm, saat masih anakan paruh dari burung nuri telinga biru berwarna pink dan jika sudah dewasa berubah menjadi orange

Tubuhnya berwarna merah, perut hingga ekornya berwarna biru keunguan, pipi, dahi dan telinya berwarna biru.

7. Nuri Tanimbar

Burung nuri tanimbar seluruh tubuhnya berwarna merah dan mempunyai corak garis-garis di mata sampai punggung berwarna biru

Burung ini mempunyai tubuh yang berukuran 31cm dan dengan nama ilmiah ‘Eos Reticulata’.

8. Nuri Maluku

Nuri yang mempunyai nama ilmiah ‘ Eos Bonea’ ini menjadi salah satu nuri yang dapat berbicara namun tidak gampang dalam melatihnya

Jenis ini mempunyai panjang tubuh 30cm dengan warna tubuhnya merah cerah, ekor berwarna merah tua dan sayap biru dengan adanya corak hitam di ujung sayapnya.

9. Nuri Bayan

Nuri bayan berbeda dengan yang lain karena mempunyai 2 jenis yakni betina dan jantan

Untuk membedakan burung nuri jantan dan betina sangat mudah yakni pada nuri bayan jantan memiliki bulu yang berwarna hijau dan warna kuning diujung paruhnya, kalau nuri bayan betina warnanya merah hati, biru dan paruh warna hitam.

10. Nuri Kepala Hitam

Cara membedakan jantan dan betina adalah nuri kepala hitam jantan ukurannya biasanya lebih kecil dari betina, nah sedangkan kepala hitam betina mempunyai corak lingkar hitam di bagian leher

Burung yang mempunyai nama latin ‘Lorius Lory’ ini terkenal karena bisa meniru suara binatang-binatang contoh kucing.

11. Nuri Kalung Ungu

Nuri kalung ungu mempunyai bulu dileher yang membentuk lingkaran berwarna ungu, semua tubuhnya berwarna ungu dan merah

Jenis ini berukuran kurang lebih 28cm, nuri kalung ungu bisa ditemui di daerah Kepulauan Schildpada, Kepulauan di Papua Barat, Maluku Utara dan mempunyai nama ilmiah ‘ Eos Squamata’.

12. Nuri Raja Ambon

Warna seluruh tubuhnya merah dan sayap warna hijau, punggung sampai ekor berwarna biru kehitaman, tubuhnya pun hanya berukuran sedang.

Nuri ini mempunyai nama ilmiah ‘Alisterus Amboinensis’ dan hanya bisa ditemui di daerah Pulau Paleng, Maluku dan Papua Barat.

13. Nuri Ternate / Kepala Merah

Hanya bisa ditemui di Sulawesi dan Maluku Utara, tubuhnya hanya sekitar 30cm, leher, kepala hingga tubuhnya berwarna merah terang.

Dimatanya berwarna abu-abu dan sayap warna hijau sedikit corak gelap. Burung ini menjadi salah satu burung yang dilindungi karena mulai langka.

14. Nuri Tanau

Nuri Tanau bisa ditemui di wilayah Asia Tenggara yakni Indonesia, Thailand, Malaysia dan Myanmar, ia memiliki 2 jenis yaitu jantan dan betina.

Jika nuri tunau jantan mempunyai mahkota corak abu kebiruan, tenggorokan, pipi , tengkuk dan dadanya juga sama berwarna corak abu kebiruan sedangkan nuri tunai betina mahkota pada kepalanya berwarna coklat keabuan, punggung dan pangkal sayap warna biru

15. Nuri Macan

Nah nuri macan juga berbeda dari nuri lainnya karena terbagi menjadi 5 jenis yakni:

  • Psittacella Brehmii (Nuri macan brehm) 
  • Psittacella Picta (Nuri macan berbiru) 
  • Psittacella madarazi (Nuri macan madarazi) 
  • Psittacella lorentzi (Nuri macan Lorentz) 
  • Psittacella modesta ( Nuri macan sederhana)

Nuri macan mempunyai tubuh yang berwarna hijau sedikit bloreng di kepala dan dengan nama ilmiah ‘Psittacella’.

16. Nuri Pelangi

Nuri pelangi mempunyai warna diseluruh bagian dadanya merah dengan garis hitam kebiruan, punggung warnanya hijau pekat, bagian leher belakang hingga tengkuk berwarna hijau kekuningan dan kepala berwarna biru

Burung ini berada di Pulau Papua dan mempunyai nama ilmiah ‘Richoglossus Haematodus’.

Makanan Burung Nuri

  1. Sayuran dan buah segar Sayur dan buah segar bisa membuat bulu dari burung tersebut menjadi bagus dan lebih cerah contohnya papaya, apel,pisang,tomat,kacang hijau, wortel dan lain-lain 
  2. Biji-bjian, Seperti yang kita tahu burung ini sangat menyukai yang namanya biji-bijian namun sebenarnya ada beberapa burung nuri yang tidak suka dengan biji-bijian 
  3. Pelet burung atau voer burung, Tidak susah untuk mencari pelet burung ini Kita bisa nemenukannya di penjual burung biasanya dia juga menjual jenis-jenis vour ini. Dan kita tidak perlu repot untuk membuat makanannya sendiri. 
  4. Bubur Buatan, Biasanya bubur ini adalah campuran dari biji-bijian, beras merah dan sayuran dan nantinya diblender sampai halus lalu di berikan ke burung tersebut untuk diminumnya
  5. Suplemen dan vaksin Suplemen dapat mencegah burung nuri dari berbagai penyakit dan untuk mencarinya juga tidak susah biasanya penjual burung juga menjual suplemen dan makanan burung lainnya

Ciri-Ciri Burung Yang Stress, Mabung Dan Birah

  • Burung yang semula mau makan mendadak tidak mau makan Pada burung paruh bengkok perubahan perilaku dengan menyakiti dirinya sendiri. 
  • Burung biasanya mengalami perubahan dari yang jinak menjadi liar 
  • Burung yang tadinya rajin berbunyi tiba-tiba menjadi pendiam 
  • Burung sering mematuki sangkarnya 
  • Burung mulai sering mengembangkan bulunya walaupun dia aktif bergerak dan mau makan

Cara Mengatasi Burung Yang Over Birahi

  • Durasi penjemuran dikurangi 
  • Berikan ulat bamboo yang dipotong-potong kecil supaya bisa menenangkan dan supaya bisa stabil birahinya 
  • Rutin mandikan burung setiap hari atau beberapa hari sekali 
  • Berikan pakan biji kenari yang dicampur dengan parutan tulang sotong 
  • Over birahi pada burung juga sering terjadi diakibatkan burung mulai memasuki masa mabung 
  •  Porsi makan tambahan seperti jangkrik, ulat hongkong dan lainnya

Bagaimana sobat,,? kamu sudah paham kan sekarang ada banyak varian burung kenari yang tersebar luar di Indonesia maupun diluar.Yang penting agar kenari kalian ingin gacor selalu lakukan perawatan harian yang benar dan asupan makanan gizi yang cukup.

Postingan ini dikirim oleh:

sukaburung.com Adalah situs online yang menyajikan informasi tentang burung. Kami membahas informasi umum,tips dan kesehatan untuk perkembangan burung.
Reaksi:

Berbagi Itu Peduli :

Comment Policy: Gunakanlah kontak komentar ini dengan bijak jangan buat link atau spam, Jika berkenan silahkan terlebih dahulu, Follow this blog

Selanjutnya tuliskan komentar anda sesuai dengan topik postingan ini.

Centang kotak Beritahu saya untuk mendapatkan notifikasi balasan via email.

Untuk komentar secara Private silahkan masuk ke Messaging Google